Noda Kenangan dalam Cerita di Balik Noda

Fira Basuki - Cerita di Balik NodaSebagai salah satu penggemar Fira Basuki, saya tertarik melihat buku Cerita di Balik Noda. Mengingat ini bekerja sama dengan Rinso, tadinya saya kira ini isinya mengenai kenakalan anak-anak yang lucu-lucu seperti iklannya berani kotor itu baik. Ternyata malah sunggu di luar dugaan. Ada aneka kisah di buku ini, yang haru, lucu, suka dan duka, semuanya. Membaca cerita demi cerita, tak terasa jadi teringat salah satu pengalaman berkotor-kotoran sendiri.

Dari sekian banyak kenangan masa kecil, ada satu yang cukup membekas.  Waktu kecil, saya praktis tidak punya tetangga yang seumuran, sementara kakak-kakak saya usianya jauh di atas saya. Pulang sekolah mainnya hanya bisa sama kucing kesayangan. Tapi agak susah karena kucingnya suka kabur kalau diajak main boneka atau (pura-pura) minum teh sore.  Sampai akhirnya sepupu saya, Etta, pindah ke rumah yang lebih dekat dengan rumah saya. Sejak itu, sebisa mungkin kami main bareng, entah saya yang kesana atau dia yang ke rumah saya.  Kami hanya berjarak 2 tahun, sehingga suka permainan yang sama, dan yang terpenting, gak akan kabur kalau main piknik atau rumah-rumahan.

Saat libur sekolah, kadang-kadang kami saling menginap. Suatu liburan ketika saya tiba di rumahnya Etta, tada! Ada kolam ikan! Manino (Om Tino, ayahnya Etta, entah kenapa waktu kecil karena masih cadel saya memanggil beliau ‘Manino’ dan keterusan) kepingin punya ikan, jadilah beliau membangun kolam kecil berbentuk hati di depan rumahnya. Wauw keren!

Sebagai paman yang bertanggung jawab, tentunya ada sederetan peringatan untuk kami. Peringatan macam, “Awas, licin, hati-hati kepleset, nanti jatuh…” dan lain sebagainya. Karena pada dasarnya saya hanya suka kucing, tak lama kolam ikan baru ini kehilangan pesonanya dibanding jejeran boneka yang sudah disiapkan Etta. Namun lain hari, lain lagi ceritanya…

Besoknya, dari pagi saya dan Etta sudah sibuk. Menemani Tante ke pasar, muter-muter pakai becak, main sepeda, sampai kita harus pulang untuk makan siang. Selesai makan, leyeh-leyah di teras ngobrol sama Manino dan Tante, menikmati panasnya siang hari, kok ya lama-lama kolam ikan itu menarik sekali ya? Awalnya cuma mencelupkan jempol. Kemudian kakinya, yang kanan, trus kiri. Melihat gelagat ini Manino rupanya tidak sampai hati, akhirnya beliau bertanya, “Mau main di kolam?” Mauuu!!!

Tadinya kita mau langsung nyemplung, tapi kata Manino ikan-ikannya harus diselamatkan dulu. Jadilah kita menunggu Manino memindahkan ikan-ikannya ke bak. Setelah kosong, barulah saya dan Etta bebas nyemplung – dengan kaos dan celana pendek -di kolam. Sebetulnya kolam itu nggak besar-besar amat, tapi karena kitanya kecil jadi terasa besaaar. Padahal mainnya juga cuma kecipak-kecipuk aja, duduk-duduk macam orang Jepang di pemandian air panas. Namun ditengah teriknya siang, alamak nikmatnya berendam di kolam ikan berbentuk hati itu.

Aku dan Etta berendam sampai jempol kami keriput. Sesudah itu langsung mandi dan menunggu jemputan pulang. Sementara itu Manino terpaksa membersihkan kolamnya sebelum mengembalikan para ikan kedalamnya, padahal belum jadwalnya untuk membersihkan kolam. Sampai di rumah, ibu saya bingung mendapati baju saya kotor, basah dan bau ikan, kamu ngapain aja disana? Saya cuma cengar-cengir senang.

Sayangnya sekarang Manino sudah berpulang, kolam ikan bentuk hati itu sudah lama dibongkar. Kadang rinduu sekali sama paman saya yang baik hati itu, yang merelakan keponakannya belepotan main di kolam ikannya karena Berani Kotor itu Baik. Etta pun sudah pindah ke luar kota mengikuti suaminya. Memang kemajuan teknologi memudahkan kami untuk terus berkomunikasi, namun tetaplah beda. Untunglah masih ada kenangan-kenangan manis ini, seperti halnya para pembagi kenangan di Cerita di Balik Noda.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s