Kamis Menulis : Mau Jadi Penulis?

Saya suka senyum2 sendiri kalau ada yang menyatakan ingin jadi penulis karena bisa disambi atau dikerjakan di rumah. Yah kalau menjadi pembalas emel macam saya bener bisa nyambi2. Kalau ingin serius? Hmm..

Ga ada waktu, gak punya tempat, ga ada ide, dll…. Semua ini cuma alasan. Buktinya banyak kok penulis kita yang juga ibu-ibu. Asma Nadia, Ifa Afianty, Clara Ng, Dee Lestari, mereka adalah beberapa contoh dari ibu yang juga berprofesi sebagai penulis. Yang harus kita sadari, kalau kita ingin serius maka harus ada yang dikorbankan. Untuk mba Ifa itu berarti waktu tidur yang berkurang. Mba Asma juga kalau tidak salah sering menulis di malam hari setelah buah hatinya lelap. Sementara Clara Ng, menulis ketika anak-anaknya sekolah, setelah itu stop.

Kalau kita baca wawancara atau memoir para penulis, dari luar maupun dalam negeri mereka semua akan mengatakan hal yang sama; bagaimana mereka bisa jadi penulis? Karena bagi mereka menulis menjadi kebutuhan sehingga mereka menyediakan waktu untuk duduk dan menulis. Oleh karena itu, waktu yang sudah mereka alokasikan tidak bisa diganggu gugat. Ini adalah saat untuk bekerja dan berkarya.

Catatan untuk diri saya sendiri; tantangan utama menjadi penulis adalah fokus untuk duduk dan menulis. Sisanya pembenaran. Yang sebenarnya hanyalah…. malas. Malas menyediakan waktu untuk menulis dan malas untuk fokus menulis. Cuma itu.

Waktu terus bergulir. Guru saya mengingatkan, apapun yang kita kerjakan sebaiknya jelas tujuannya apa, untuk dunia atau akhirat? Syukur2 bisa dapat keduanya. Jangan sampai sial tidak dapat keduanya. Ow. Padahal mba Asma sudah mengingatkan. “Ingat mati, Sita,” kata beliau dengan bijaksana.
Oleh karena itu, yuk kita kejar mimpi kita. Mari luruskan prioritas. Beri waktu untuk menulis. Kapan waktunya itu bisa disesuaikan dengan kegiatan masing2. Yang penting komitmennya dijaga.

Ora et labora, man jadda wa jadda, hasil akan didapat mereka yang berusaha dan berdoa. Insya Allah hasil yang dicapai sepadan dengan usahanya.

Selamat berkomitmen menulis 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s