Cerita Jum’at: Sekilas tentang Ja’far bin Abi Thalib

Ja’far bin Abi Thalib, kakak Ali bin Abi Thalib,  adalah salah satu sahabat Nabi saw yang ganteng, pemberani, dan cerdas. Meski baru memeluk Islam, Allah sudah memuliakannya. Kenapa? Karena sejak masih belum memeluk agama Islam dia sudah menolak 3 perkara yaitu, berbohong, berzina dan minum-minuman keras. Allah pun sampai memuji kejujuran Ja’far dan memberinya sayap atas keteguhannya dlm menolak 3 perkara tsb. SubhaanAllah.

Ketika Rasululloh bertanya, kenapa dia sudah menolak 3 perkara tersebut sejak masih kafir? Jawaban Ja’far:

1. Jika berbohong, dia takkan dipercayai lagi oleh orang lain, dan merasa tidak dipercaya, adalah hal yang memalukan baginya.

2. Dengan berzina, Ja’far membayangkan bagaimana jika istri, anak perempuan atau saudaranya yang dizinahi? Tak seorangpun di dunia ini yang mau menanggung noda.

3. Dengan bermabuk-mabukkan orang akan kehilangan akal, mulutnya selalu ngomel sehingga akan ditertawai orang banyak, aku sangat malu ditertawai oleh orang-orang.

Ja’far bin Abi Thalib termasuk salah satu sahabat Nabi yang gugur dalam perang. Sebagai pemegang bendera, kedua tangannya ditebas pedang musuh sebelum akhirnya tombak musuh menusuk tepat di jantungnya.

Dan Malaikat Jibril berkata :

“Allah memuji kejujuran Ja’far dan memberinya sayap atas keteguhannya menolak 3 perkara tersebut. Dua sayap mutiara dan batu permata yang terbentang itulah yang digunakan Ja’far terbang bersama malaikat ketika dia terbunuh dalam peperangan membela Islam.”

*Diceritakan oleh kak Moenk berdasarkan HIKAYATUS SHOHABAH, kitab Bukhori (Manakib) terima kasih kak, atas berbagi ilmunya 🙂 *

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s