Tips Pernikahan dari Ustad Yuke

Dulu, biasanya ulang tahun pernikahan orang tua saya hanya dirayakan diantara kita saja, isinya paling doa bersama dan makan-makan. Kecuali kalau ulang tahunnya yang agak besar misalnya 25 tahun, 30, baru agak ramai. Namun setelah mencapai 45th perkawinan, ibu saya jadi senang mengadakan acara apalagi kebetulan hari pernikahan kami juga tanggal 5 Mei jadilah dirayakan bersama-sama. Acaranya sih gak aneh-aneh, hanya mengundang ustad atau ustadzah untuk memberikan kajian, shalat berjamaah dan makan bersama. Kata ibu saya, mumpung bisa dan masih ada umur kenapa tidak?

Jadi begini hadirin sekalian...

Tahun ini pengisi acara jatuh kepada Ustadz Yuke. Lulusan PTIQ, beliau salah satu favorit ayah saya karena gaya membawakannya santai, mudah dipahami, suka bercanda, tapi dalam. Kali ini beliau memberikan pesan-pesan berikut:

Untuk membina pernikahan, seyogianya kita tidak hanya membaca tapi memahami Al-Quran, yang disediakan bagi mereka yang berpikir.

Kunci pernikahan yang langgeng sebetulnya sederhana saja:

1. Sakinah.
Maknanya apabila ada masalah, cepat selesaikan. Tidak ada pernikahan yang tanpa masalah, tinggal bagaimana mengurusnya. Apabila masalah sudah beres jangan diungkit-ungkit lagi. Ingat, Allah Maha Mengetahui dan Allah bersama orang yg sabar.

2. Mawadah.
Semangat. Adalah penting untuk bermesraan bersama pasangan kita.

3. Rahmah.
Adalah mudah untuk bersemangat sebagai pasangan muda. Namun bagaimana 9, 16 atau 48 tahun kedepan? Disinilah perlunya kasih sayang. Tidak ada manusia sempurna, namun ketika melihat pasangan lihatlah kebaikannya maka dia akan selalu indah dimata kita.

Untuk mendapatkan kunci-kunci tersebut maka kita perlu hidayah. Yang perlu kita ingat, hidayah itu aktif, bukan pasif. Kita harus minta kepada Allah untuk diberikan hidayah. Siapa yang diberikan hidayah oleh Allah? Mereka yang mencoba dan berusaha!

Bagaimana usahanya? Jadikan Allah prioritas! Caranya:
1. Segerakan shalat (dan fokus).
2. Sediakan waktu untuk membaca Quran beserta artinya.
3. Berkata benar.
4. Sedekah dengan rutin.
Kerjakan dan tingkatkan ibadah kita. Jangan kalau sempat! Allah tidak mau dinomor duakan.

Ayat rujukan 2:186, dimana dikatakan antara lain; penuhi perintah dan beriman kepadaKu. Ingat, ketaatan kita padaNya yang menentukan.

Kemudian Ustad Yuke menerangkan bahwa menjadi istri shalihah itu mudah. Lakukan diantaranya:
1.Jangan memotong ucapan suami.
2. Jangan mengeraskan suara pada suami.
3. Bermuka manis setiap saat dan bersyukur atas penghasilan suami, berapapun itu.

Mana tips suami shalehnya nih?

Kayaknya asyik amat ya kita melulu yang kudu nurut. Tapi sebelum ngambek, ingatlah bahwa suami bertanggung jawab atas kita, sementara istri tidak. Sebagai pemimpin, suami yang akan ditanya mengapa istri dan anak-anaknya begini atau begitu. Sementara kalau suami kita -amit-amit- berlaku aneh-aneh, kita sebagai istri tidak akan ditanyakan. Tentunya kita perlu percaya dulu bahwa nantinya kita akan dihisab 😉

Wah tapi ternyata dulunya saya begana-begini gimana dong? Ya gak masalah. Selama kita mau bertobat (tobat nasuha) dan serius kembali ke jalan yang benar maka tidak ada kata terlambat bagi Allah.

Biasanya istri kan demen marah-marah, nah salah satu cara menangkalnya, sebelum marah sama suami coba pikirkan 11 alasan mengapa dia berbuat demikian. Bukan berarti kalau ada masalah tidak dibahas, tapi tunggu reda dulu agar ketika dibahas moodnya sudah enakan.

Ayat rujukan:
16:99 – Syetan tidak akan berpengaruh pada orang yang beriman dan tawakal. Iman padaNya harus yakin dan mantap.
Tawakal adalah berusaha di jalan Allah dan menerima apapun hasilnya.

33: 70-71 untuk orang-orang yang beriman, bertaqwalah pada Allah, berkata yg benar.

Sekali lagi, untuk memperbaiki diri:
-baca quran
-shalat
-tidak bohong
-sodaqoh

Meski demikian, ada 3 bohong yg dibolehkan:
1. Untuk mendamaikan pasangan yang bertengkar
2. Sedang berperang
3. Untuk menyenangkan pasangan.

Tips shalat dari ust. Yuke:
1. Fokus. Jangan tergoda.
2. Pahami. Doa diantara kedua sujud itu sudah mencakup semua permintaan kita.
3. Perbanyak rakaat Tahajud. Itu lebih baik ketimbang shalat 2 rakaat tapi doanya sampai subuh.

Sebetulnya masih banyak hal lain yang disampaikan beserta ayat rujukannya. Namun karena diselingi tugas sebagai tuan rumah beberapa hal saya kelewatan. Oleh karena itu kebenaran adalah milik Allah semata dan kesalahan sepenuhnya ada pada saya. Kalau ada diantara catatan ini yg salah/saya salah mengerti, mohon koreksi ya 🙂

Makasih yaa sudah datang 🙂

Advertisements

3 thoughts on “Tips Pernikahan dari Ustad Yuke

    • Suami nggak perlu tips, yang penting sadar bahwa kebahagian, kesejahteraan dan kesuksesan keluarga ada di tangannya. Ingat selalu bahwa nanti akan diminta pertanggung jawabannya di hari akhir, bagian dari menjadi pemimpin 😉

      Terima kasih sudah membaca dan memberi komentar pak guru 🙂

  1. He.. itu tipsnya, yang penting sadar bahwa kebahagian, kesejahteraan dan kesuksesan keluarga ada di tangannya. Ingat selalu bahwa nanti akan diminta pertanggung jawabannya di hari akhir, bagian dari menjadi pemimpin. makasih bu,.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s