Mencari Yang Benar dan Yang Baik

Satu hal yang guru saya sering ulang adalah pentingnya berdoa. Pertama adalah membiasakan diri untuk meminta kepada Allah, tidak pada yang lain. Kedua, meski kita bebas meminta dan memohon apa saja, ada beberapa hal yang sering beliau ingatkan supaya saya jangan lupa. Beberapa hal ini:
1. Mohon ampun – manusia pasti sering berbuat salah
2. Mendoakan orang tua – wajib dan jangan sampai lupa.

Sekarang setelah saya berkeluarga dan mempunyai anak (saya sudah belajar sama guru yang ini dari SD) guru saya juga menambahkan beberapa hal ini:
3. Mendoakan suami – agar selamat dan mencari rizki yang halal
4. Mendoakan anak – doa ibu matih
5. Mendapatkan guru yang benar
6. Mendapatkan teman-teman yang benar
(Yang kedua terakhir ini juga berlaku untuk suami dan anak-anak.)

Dulu mungkin karena saya hanya mengaji pada beliau dan masih lajang, cukup bahwa saya ingat untuk mohon ampun dan orang tua. Namun sekarang saya sudah dewasa dan mulai melakukan aktifitas layaknya ibu-ibu lainnya yaitu ikut pengajian, maka mungkin -karena saya juga nggak pernah tanya kenapa- beliau merasa perlu untuk menambahkan hal-hal yang harus saya minta kepada Allah. Tadinya saya tidak terlalu mengerti namun setelah mendengar cerita dari teman-teman, baru saya memahami maksud guru saya.

Sebagai seorang yang ilmunya rendah, adalah wajar saya mencari guru untuk menambah ilmu. Namun ternyata kalau kita mendapat guru yang salah, alih-alih tambah beriman bisa jadi kita malah murtad! Yang ilmunya sebenarnya juga nggak banyak sehingga tidak bijaksana dalam memberi nasihat, yang tidak bisa memberi rujukan hadits atau ayat dalam memberi pendapatnya, yang memutar balikkan fakta, yang menafsirkan secara bebas, yang amat cinta pada otak dan logika sehingga tidak bisa menerima hal-hal diluar logika dan membolehkan yang tidak boleh, sampai yang pada akhirnya mengajak kita beriman bukan kepada Nabi Muhammad melainkan pada sang Guru itu tersebut sehingga kita harus tunduk pada segala kehendak sang guru meskipun itu adalah tindakan kriminal.

Kenapa setelah guru kita kemudian minta teman-teman yang benar dan baik karena kedua hal tersebut terkait erat. Ketika mencari sesuatu kita seringkali meminta rujukan atau rekomendasi teman. Dari yang sepele seperti beli sepatu yang murah dan bagus dimana, sampai sekolah yang bagus dan terjangkau. Seperti pepatah bertemanlah dengan tukang parfum maka engkau akan kena wanginya, berteman dengan yang benar dan baik juga Insya Allah akan membawa kita pada kebaikan.

Saya yakin guru saya pasti juga turut mendoakan saya karena selama saya bersekolah di luar negeri Alhamdulillah saya dikelilingi orang-orang baik. Bahkan karena teman-teman saya juga saya memberanikan diri melamar menjadi asisten dosen. Alasannya sederhana banget, si Rob dan Matt jadi TA masa aku enggak? Meskipun saya jadi asisten murni alias menjawab telpon masuk, bikin fotokopi, dan boleh ikutan duduk di kelasnya gratis. Sementara kalau teman-teman saya ya membantu mengajar di kelas. Gak masalah. Yang penting pernah jadi asdos. hehe.

Sekarang hal ini ya terbukti lagi. Alhamdulillah sejauh ini mendapat guru-guru lain yang mempunyai aura positif, ilmunya tinggi dan mengajak ke kebaikan. Untuk selalu memperbaiki diri. Karena itulah judulnya mencari yang benar dan baik. Orang-orang yang benar biasanya baik, sementara yang sebaliknya belum tentu. Semoga saya tidak lupa.

I Love Books!

My grandfather once said that he can’t leave anything except education. That is
translated into a love of reading for my dad, which in turn is passed on to me
and my siblings. Our favourite weekend activity is going to a bookstore.
Browsing through the myriad of books on display, choose one (or two if we’re
lucky) that speaks to us,”Pick me pick me, take me home!”

I pass this habit on to my children. They know that going to a toy
store does not mean mommy will get them a toy but a visit to a book store?
Definitely will come home with a new book for tonight’s bedtime reading.

This is probably why, more than any other arts, books hold a special place in my
heart. Sure I like dances, I took lessons when I was young, have danced the
night away and enjoyed watching dances. Obviously I like music since I like
dance. Again, I took music lessons as a kid, lost my voice screaming in rock
concerts while able to sit nicely during orchestras and is an accomplished
bathroom singer. I also enjoyed plays, musical, films, painting, in short, I
like all sorts of art. But nothing, nothing quite like the written words to
really touch my soul.

I guess that’s why the first ever ayat that comes to Prophet Muhammad PBUH is,
“Iqra!” or “read!” Reading truly opens up our world. It feeds your brain and
nourish your soul. It has the power to affect your whole being. A book made you
laugh, cry, frown, it can alters your moods, soothe you and make you feel
better.

There’s no greater book than the Quran of course since it is made by Allah. But
lesser books that are made by mere mortals, while they are no match for the
Quran, they’re doing a pretty good job in expanding our mind. You can travel
everywhere without ever leaving your house. I’ve been to Sweden with Astrid
Lindgren, to the wilderness of America with Laura Ingalls Wilder, to the British
boarding schools with Enid Blyton, to Semarang with Bung Smas, rediscovering
Jakarta with Benny and Mice (ok so they’re cartoonist but it’s in a book form
;), finding the world with Bill Bryson, re-living crazy teen years with Hilman,
delighting in a child’s world with Benny Rhamdani and of course, entangled in
other women’s mind courtesy of Asma Nadia and others.

By reading, you realise that humans everywhere are the same. Yes, we have
differences, but at the core of it we all feel and want the same thing. Whether
it is by an Indonesian, Irish, Muslim or Jewish writer, the human emotion is
universal. We cry when we lose someone important, delights upon finding love and
that a mother’s great hug is often the best medicine for all.

Sadly, sometimes we are too busy picking at our differences, we lost track of
our universalities, to marvel at our sameness. Proof that we are created by the
same entity, the one and only God. Books helped me to remind me of that. Again
and again.

Books will always be a part of my life. I hope I can pass on my love of books
and reading to my children. For there’s no greater inheritance than that.

What’s the point of it being edible?

And just like that she managed to make me feel like a madam trying to teach her juniors new tricks and feel old at the same time.

Ok let me backtrack a little.

So, whenever a bunch of married women get together pretty regularly to have a gab fest at some point somewhere eventually our conversation is going to be peppered with some boudoir talks. Nothing truly graphic, just bordering on raunchy just to spice things up a bit. Since all the married women in this particular group been married for over a year and have at least one kid, safe to say we’re all somewhat experienced in that area. Maybe not as extensive as Belle du Jour or any of the SATC girls but experienced nonetheless. But, apparently I was mistaken.

When one of my friend, a young sweet gal, let’s just call her Sally, doesn’t realise what roleplay is I should have realised that Sally is perhaps a little young and not as ‘corrupted’ as the rest of us rowdy hens. She couldn’t get certain jokes and couldn’t connect the dots at others. Sometimes her comments are funnier than the jokes itself. Ok that sounds kinda cruel, but she’s just so earnest. Sometimes her comments sounds like innuendo that I just couldn’t resist reciprocating and then found out that Sally really wasn’t making one and that she still has a childlike mind. Like edible paint for example.

I wanted to laugh at that one. I never thought explaining what edible paint is should take more than 1 simple sentence. Yet we had a whole conversation about it. I nearly fell off the chair. I’m this close into launching into graphic detail about the usage of edible paint. Thank gawd I was spared 😀

No, Sally is not stupid, she’s actually really smart, she just never read Cosmo so it seems. Well, just give her time. She’ll get older and if she continues hanging out with us she’ll get rowdy too I’m sure.

Tee heee 😉

My Dream House

It has to be big enough to accomodate all of us, but small enough so I can take care of it on my own if needs be. A house that needs an army of domestic help to run is impractical.

So, the house would have bedrooms for everyone. My room would have an en suite and a walk-in closet with floor to ceiling mirror(s). The kids can share bathroom but may put a separate sink outside.We’ll have a guest toilet of course so no one has to fight for it.Plus a spare room/work room/library with a daybed for lounging or for guests to sleep over.

Next, a lovely kitchen for me took cook, maybe an outside or ‘dirty’ kitchen if space permits. A breakfast bar with high stools sound lovely too so I don’t have to take my lunch on a big empty table when the kids are at school.

Definitely a living room with a huge tv screen, plush sofa, a quiet corner for the pc, tall wall for more bookshelves and wonderful windows to let the sun and the light in. Might have a small guest parlour or a formal living room if needed.

Since we probably still need domestic help, a decently sized staff quarter with properly sized and lighted bed and bathroom is neccessary.

Think that’s all for indoor rooms. Now the outdoor. First off, a laundry and drying area. Nothing like sun dried clothes to keep the bacteria away. Definitely a front garden and a backyard. Would love one of those English suburb type houses with massive back yard so you can put up a marquee and have a party. More importantly so my husband can garden his heart away. A bit of greeneries soothe the soul. We could have our morning tea while reading the papers at the terrace overlooking the yard and watch the cat chase birds. When the weather is right, we could spread a blanket and have a picnic. Heck, we could move the dining table and have dinner outdoor complete with candles and those fire stick thingies. Lighting fireworks would be the after dinner entertainment. Wouldn’t that be fun?

Ooh, almost forgot a garage that’s linked to the house so it can be opened up to provide extra room for indoor gatherings like say, having a Quran classes or just your extended family do.

Well, that’s my dream spread out. Tread softly if you please.

Note: I wrote this a while back when owning a house was still a dream for me. Now that it has come to reality, I find it fascinating to take a look back at when it was all still in my head.

Pluralisme vs Toleransi – kuliah singkat (banget)


Pertemuan Klub Buku Emak edisi April kemarin seperti menghadiri kuliah yang singkat namun padat. Sayang kalau nggak ditulis. Mumpung masih ingat di otak 😀

Sesuai waktu yang disepakati, kami bertemu di Citos jam 10. Tapi yang namanya ibu2 ada aja molornya sehingga ‘clubbing’ baru dimulai sekitar jam 10.30 dengan acara berganti lokasi pulak. But eniwei, setelah introduksi singkat dimana kami menjelaskan apa dan bagaimana KBE, Ust. Adian langsung sharing tentang mengapa beliau menulis buku ini. Rupanya beliau khawatir akan kenyataan bahwa paham liberal dan pluralisme semakin lama semakin menyebar dan banyak jemaah beliau yang tidak sadar akan hal itu atau yang sadar tidak paham bagaimana menangkisnya. Meskipun sudah ada 2 buku yang ditulis mengenai hal ini, namun karena bukunya akademis, jemaah biasa ie. ibu2 macam emak2 KBE, banyak yang tidak sadar akan keberadaannya. Karena itu ditulislah novel Kemi dengan bahasa yang ringan dan diskusi serta teorinya sudah jauuh dipadatkan, hanya esensinya saja, agar mudah dipahami.

Kemudian saya bertanya, meski saya tidak setuju atas ungkapan semua agama itu sama, saya masih rancu apa sebenarnya pluralisme itu dan mengapa itu bertentangan dengan Islam. Bukankah kita mengenal toleransi beragama? Ternyata, menurut penelitian ust. Adian, makna asli Pluralisme bukanlah menghormati agama yang berbeda, tetapi meyakini bahwa semua agama itu sama. Untuk mengerti mengapa hal ini bisa terjadi, kita harus melihat balik ke sejarah Liberalisme.

Liberalisme berakar di Eropa, diawali oleh gerakan Freemason. Freemason ini adalah semacam organisasi pemecah batu yang lintas agama. Pada prakteknya, tidak hanya pemecah batu yang ikut organisasi ini tapi semua warga yang non-kristen. Mereka mencari perlindungan atas kejaran gereja karena paham mereka yang berbeda. Dari sini kemudian berkembanglah ide ‘liberal’ atau bebas, membebaskan diri dari agama. Mengapa? Karena mereka merasa terikat dalam kungkungan gereja. Pada masa itu, negara2 Eropa menganut teocracy atau agama diatas negara. Para raja harus diangkat oleh persetujuan Paus sebagai wakil Tuhan di bumi. Namun para rakyat toh pada akhirnya melihat bahwa banyak dari pada ‘wakil Tuhan’ ini berperilaku berbeda dengan ajarannya sendiri. Harus selibat namun mempunyai ‘istri’, berkonspirasi dengan pemerintah, tidak berpihak pada rakyat, dll. Banyak yang merasa sesak atas intrusi gereja pada kehidupan mereka sehingga lahirlah paham Liberte, Egalite, Fraternite yang dijadikan simbol Perancis. Bebas, setara, sepersaudaraan. Paham ini kemudian menjalar ke negara-negara lain termasuk Amerika. Bukan tanpa alasan salah satu simbol Amerika adalah patung Lady Liberty dari Perancis.

Dalam perjalanan si Liberte ini, banyak yang kemudian berjalan-jalan keluar dari negaranya sendiri. Mereka mendapati bahwa ternyata ada ras dan kepercayaan lain selain kulit putih dan Kristen. kepercayaan Kristen tidak mengakui adanya agama/kepercayaan lain. Hanya orang Kristen saja yang bisa masuk surga. Beberapa yang kritis mulai mempertanyakan benarkah mereka yang tidak mengetahui Yesus tidak bisa masuk surga? Padahal ternyata mereka juga sama baiknya dengan wong Kristen. Setelah para pemikir ini bertemu dengan orang2 Muslim, Buddha, Hindu, dll mereka menyimpulkan bahwa sebenarnya kita ini mencari tuhan yang sama, hanya caranya saja yang berbeda. Ada yang memanggilnya Allah, Tuhan Bapa, Yahweh, God, dll. Secara visual, teori ini berbentuk segitiga dimana aneka agama dan kepercayaan itu ada didasar segitiga tersebut dan mengerucut ke puncak pencarian yaitu tuhan. Ada juga versi lingkaran, yang kalau tidak salah dikembangkan oleh Cak Nur, dimana semua kepercayaan berada dalam lingkaran menuju ke tengah, menuju tuhan. Inilah yang dimaksud dengan Pluralisme Agama dan ini sangat sangat berbeda dengan toleransi.

Islam adalah satu-satunya agama yang sedari awal lahirnya mengenal prinsip toleransi yaitu mengetahui dan menghormati bahwa ada kepercayaan lain selain Islam. Bedanya, kita tidak mengaanggap kepercayaan lain itu sama dengan kita. Tuhan dalam Islam hanya Allah. Tidak ada tuhan selain Allah. Kamu boleh tidak percaya pada Allah, terserah saja, tapi tuhanmu tidak sama dengan Tuhanku. Agamamu agamamu. Agamaku agamaku. Ust. Adian memberi contoh sewaktu Ratu Isabella memerintah Spanyol, rakyatnya diberikan 3 pilihan, masuk Kristen, keluar dari Spanyol, atau mati. Sementara Nabi Muhammad SAW, hidup berdampingan dengan warga Kristen dan Yahudi. Kepercayaan dan rumah ibadah mereka tidak diganggu, namun mereka juga jangan mengganggu/mengusik warga Muslim. Semua diberi hak dan kewajiban yang sama sebagai rakyat dibawah pemerintahan Nabi. Islam mengakui adanya agama lain dan menghormati perbedaan. Inilah esensi dari toleransi. Menghormati dan menjaga kerukunan. Bukan kemudian menganggap bahwa semua agama adalah sama.

Secara visual, Islam adalah garis lurus, hanya ada 1 cara menuju Allah. Bahwa kemudian ada variasi dalam Islam, selama prinsip dasarnya masih sama maka garisnya tetap tegak. Bukan bercabang. Bukan berbentuk pohon dengan cabang dan ranting. Hanya 1 garis tegak lurus. Variasi dalam Islam misalnya ada yang shalat dengan membaca Qunut ada yang tidak, ada yang tahlilan ada yang tidak. Namun shalatnya orang Islam semua sama, 5x sehari dan bebas shalat dimana saja, di masjid apa saja. Bebas menjadi imam dan makmum ketika berjamaat. Maksudnya, kita tidak perlu ragu untuk masuk mesjid dan ikut shalat berjamaah dimanapun. tidak perlu kita bertanya siapa Imamnya, apa kepercayaannya. Tidak perlu juga bertanya dari mana jemaahnya, mengapa mau ikutan shalat disini. Ketika itu sudah dilanggar, ketika kita hanya boleh shalat di masjid tertentu dan berjamaah dengan Imam tertentu maka itu sudah bukan Islam lagi meskipun tata caranya sangat mirip.

Islam juga mengakui bahwa fitrah manusia adalah berbeda. Sehingga kewajiban seorang Muslim hanyalah menyampaikan, memberi kabar. Bukan memaksa. Satu hal lagi, Islam tidak menafikkan dan juga tidak memuja dunia. Manusia memang hidup di dunia dimana isinya berbeda satu sama lain sehingga memang harus berbaur dan menjalin kerukunan dengan tetangga, bukan mengasingkan diri menjadi eksklusif. Menurut ust. Adian, kita harus pandai memilah bagaimana kerukunan bisa terjalin tanpa harus mengorbankan akidah. Contohnya, ada jemaah yang tinggal di luar negeri dimana dia minoritas. Agar bisa berbaur salah satunya dengan mengucapkan Selamat untuk perayaan agama lain. Saran Ust. Adian, apabila perlu, beri selamat dan istigfar. Perbanyak istigfar setiap saat karena toh nggak perlu jauh-jauh ke negara lain, disini saja banyak hal yang kita lakukan yang sebetulnya bertentangan dengan agama. Contoh sedehana, kalau ditilang polisi, ke pengadilan apa bayar ditempat? Masih banyak kan yang bayar di tempat karena kalau ikut pengadilan banyak waktu terbuang percuma. Atau ya bayar2 hal lain untuk melancarkan urusan semisal KTP, paspor, dll.

Masih banyak lagi hal yang dipaparkan oleh Ust. Adian dan sebenarnya beliau selalu memberikan referensi serta tahun terutama saat membahas sejarah paham Liberte. Sayang catatannya ada di Kak Moenk bukan di saya jadi nggak bisa disertakan deh. Tanya kak Moenk aja ya kalau penasaran siapa yang mencetuskan ide2 dan buku2 tentang liberte. Oh ya, Ust. Adian juga mengingatkan bahwa ketika Ulama dan Ustad2 juga mulai menunjukkan perilaku menyimpang dari ajaran itu juga bisa mengakibatkan umatnya berpaling ke paham liberte. Jadi waspada juga para Ulama.

Ust. Adian juga bercerita asal muasal beliau menulis. Menulis bagi ust, Adian merupakan panggilan. Sejak SD beliau sudah suka membaca buku sehingga ketika sekolah ditunjuk untuk mengurus buletin sekolah. Kebiasaan membaca dan menulis ini mengantar beliau menjadi wartawan. Beliau sempat menjadi wartawan untuk Republika dan mendapat desk istana. Tidak heran pergaulan beliaupun menjadi sangat luas. Beliau kenal dan sering berinteraksi dengan berbagai teman, tokoh lintas agama dan aliran, juga dengan orang2 pemerintahan. Sebelum akhirnya beliau kembali ke dunia akademis, belajar lagi, menulis berbagai buku dan sekarang berbagi ilmu dengan menjadi dosen di Univ. Ibnu Chaldun di Bogor.

Ke depannya, Ust Adianmengungkapkan karena banyak yang protes sama Kemi secara novel, termasuk anaknya protes kenapa Rahmat nggak jadian dengan Siti, maka beliau sedang menyusun lanjutannya Kemi. Ketika kita tanya, Rahmat akhirnya akan menikah dengan siapa pak? Dengan Siti yaa… Beliau hanya tersenyum dan berkata, nanti sedang dipikirkan jalan ceritanya bagaimana.

Tak terasa waktu Dzuhur telah tiba. Saatnya untuk menutup pertemuan dengan Ustad Adian Husaini. Foto bersama trus pulang deh ustadnya. Terima kasih banyak pak, terima kasih telah bersedia datang ke pertemuan Klub Buku dan berbagi banyak sekali ilmu dengan kami. Kalau nanti sambungannya Kemi sudah ada, bapak datang lagi yaaa..

Kitaro in Concert

Looking back, I realised the soundtrack of my childhood comprised almost the entire genre of music. Each member of my household play different tune. I’d hear Elvis, The Beatles and Michael Franks from my mom, classical, big band, swing, and calypso among others, from my dad. Then there’s my 3 older siblings who are just as varied, my brother likes all type of rock, my sister likes pop, and my big sister likes whatever she thinks cool. Of course don’t forget the odd dangdut coming from our maid’s radio.

I don’t if it was my big sis or my bro since their taste sometimes overlap. All I remember is that some of the music they played just goes on and on. One of the contributor to these cacophony of sound is Kitaro. So, when Babeh asked if I want to see Kitaro, I said why not. Always welcome the chance to see live music.

So there we were last night, at JCC after waiting what seems like forever, nearly 50 mins from the published time, watching Kitaro live on his world tour. I must say, it was better than I expected. Yes, his songs seems never ending but I was fascinated by the mixture of sounds and instruments he used to make up these songs. There were at least 7 keyboards, 3 Taikos, a drum kit with timpanis, violin, guitars, and some wind instruments I-have-no-idea-what-their-names-are. His band consists of 2 keyboardist, one that looks like rhythm keyboard, a violinist, a guitarist and a drummer. Then there’s Kitaro the man himself who played the rest of the instruments.

Since he doesn’t sing nor dance, his shows makes full use of lights and colour. He also used a projector, projecting mostly landscapes and planets. All the band wore black, he wore a sleeveless coat over his dark gear, but even the colour of his coat is quite subdues, purples and greys. Well at least that’s how it looked from the tribune. Thus the play of light and colour that enhanced the mood of his music. Red and blue, during the percussion time, the light also plays with him, going on and off according to the beat.

Like most musician, he shared the light, focusing on each player solos. On one song he even share the light with a half-sphere disco ball, placed on the stage. Him and the band are completely dark, the light only shone on the ball bouncing off lights to the ceiling. While it is wonderful to look at -babeh thinks it’s cool, I said, it’s just a disco ball. He said but usually it’s hanged on the ceiling. uh, okay then- and certainly complements the music, for me the effects is not unlike being in a planetarium watching comets and stars chasing each other. I half expected a commentary, saying something like, “And now… the andromeda star is chasing the sitara comet. This only happens once in a blue moon…”

But seriously, it was a good concert. We were taken on this amazing audio-visual journey that really moves you. My favourite bits were the percussions. I don’t know how he does it but he made those drums ‘sing’. With the help of the rhythm keyboard to set the mood I swear somehow the drums just sing to us. It funny cuz drums don’t usually have a melody like say, a violin. They play a beat. But not on Kitaro’s hands. Cool!

Certain songs took me back to my childhood. Back to Menteng, playing with my cats while my siblings stereos blared out from their respective rooms. I got a bit sentimental on those songs. It reminds me of when I used to go watch prog-rock concerts with my brother. I bet he would’ve enjoyed the concert as well.

Then suddenly it was over. I look at my watch and it was 10pm! We’ve been entertained for nearly 2 hours. It just fly by. That’s how wonderful it was. Kitaro talked to the audience 3 times. First was after 2 songs where he said that the last time he came here was 15 years ago! Then he thanked us for our support for Japan. Second time was the end of the show, he introduced the band members before playing an encore. Finally he closed the show, said his last thanks, and exited with a bow.
I noticed a band member put his hands like the way I was taught in jiu-jitsu many years ago. interesting.

Thank you so much Babeh for taking me to see Kitaro. I like it a lot! Here’s to the next concert. Whatever it is 😀

Do all men wants more than 1 wife?

Earlier today I was having a rather heated debate with a friend. Apparently her husband said that all men wanted to have a few wifes. The only thing stopping most men is money but if they have unlimited bank account then for sure they’ll get married again.

I said that that’s not true citing that both my dad and my brother don’t fancy the idea of having more than 1 wife. They might look and perhaps fantasise about other women but to actually marry one that’s a different thing altogether. True my dad has on occasion teased my mom about it, but I doubt he wants it and my dad certainly can afford it should he wish so. My friend thinks the fact that my dad even joked about it show the truth about his subconsiousness.

I must admit both of us have a hard time following each other’s thought. Yes my dad watches Melrose Place, yes he thinks Heather Locklear is hot but I really don’t think he fantasise about marrying her. Whereas my friend’s argument is because to sex outside marriage is forbidden, therefore when men lust after a women then they want to marry them so they can sleep with them.

I dunno, maybe all men secretly want to marry lots of women. They just don’t want to admit it to avoid upsetting their loved ones. Maybe I’m just being pedantic when I said just because men may lust after a hot babe doesn’t necessarily means they wanna marry ’em.

In the end we just drop the subject since its very clear neither would budge. So if you’re male and you are reading this tell me, it it true? Do you secretly want a few wives?

The BBC believes most people will have read only 6 of the 100 books here. How do your reading habits stack up?

Found this list which I did way back in 2009. Dayeem… still has lots to read…

Instructions: Copy this into your NOTES. Look at the list and put an ‘x’ after those you have read. Tag other book nerds.

1 Pride and Prejudice – Jane Austen- X
2 The Lord of the Rings – JRR Tolkien –
3 Jane Eyre – Charlotte Bronte X
4 Harry Potter series – JK Rowling -X
5 To Kill a Mockingbird – Harper Lee – X
6 The Bible
7 Wuthering Heights – Emily Bronte X
8 Nineteen Eighty Four – George Orwell
9 His Dark Materials – Philip Pullman
10 Great Expectations – Charles Dickens
11 Little Women – Louisa M Alcott -X
12 Tess of the D’Urbervilles – Thomas Hardy – cuma baca dikit
13 Catch 22 – Joseph Heller – mulai baca blum selesai
14 Complete Works of Shakespeare – nonton ajah, baca kayaknya malah blum samsek
15 Rebecca – Daphne Du Maurier – X
16 The Hobbit – JRR Tolkien
17 Birdsong – Sebastian Faulkner
18 Catcher in the Rye – JD Salinger – X
19 The Time Traveler’s Wife – Audrey Niffenegger
20 Middlemarch – George Eliot
21 Gone With The Wind – Margaret Mitchell
22 The Great Gatsby – F Scott Fitzgerald
23 Bleak House – Charles Dickens
24 War and Peace – Leo Tolstoy
25 The Hitch Hiker’s Guide to the Galaxy – Douglas Adams – X
27 Crime and Punishment – Fyodor Dostoyevsky
28 Grapes of Wrath – John Steinbeck
29 Alice in Wonderland – Lewis Carroll
30 The Wind in the Willows – Kenneth Grahame
31 Anna Karenina – Leo Tolstoy
32 David Copperfield – Charles Dickens
33 Chronicles of Narnia – CS Lewis
34 Emma-Jane Austen – X
35 Persuasion – Jane Austen -X
36 The Lion, The Witch and The Wardrobe – CS Lewis
37 The Kite Runner – Khaled Hosseini- X thanks to bc girls 😉
38 Captain Corelli’s Mandolin –
39 Memoirs of a Geisha – Arthur Golden – X
40 Winnie the Pooh – AA Milne – X
41 Animal Farm – George Orwell – started reading
42 The Da Vinci Code – Dan Brown – X
43 One Hundred Years of Solitude – Gabriel Garcia Marquez
44 A Prayer for Owen Meaney – John Irving
45 The Woman in White – Wilkie Collins
46 Anne of Green Gables – LM Montgomery-X
47 Far From The Madding Crowd – Thomas Hardy – X
48 The Handmaid’s Tale – Margaret Atwood
49 Lord of the Flies – William Golding
50 Atonement – Ian McEwan
51 Life of Pi – Yann Martel
52 Dune – Frank Herbert-
53 Cold Comfort Farm – Stella Gibbons-oh ini buku ya?
54 Sense and Sensibility – Jane Austen -X
55 A Suitable Boy – Vikram Seth
56 The Shadow of the Wind – Carlos Ruiz Zafon
57 A Tale Of Two Cities – Charles Dickens
58 Brave New World – Aldous Huxley
59 The Curious Incident of the Dog in the Night – Mark Haddon-
60 Love In The Time Of Cholera – Gabriel Garcia Marquez
61 Of Mice and Men – John Steinbeck – X sad sad book
62 Lolita – Vladimir Nabokov
63 The Secret History – Donna Tartt
64 The Lovely Bones – Alice Sebold – X
65 Count of Monte Cristo – Alexandre Dumas
66 On The Road – Jack Kerouac
67 Jude the Obscure – Thomas Hardy
68 Bridget Jones’s Diary – Helen Fielding
69 Midnight’s Children – Salman Rushdie
70 Moby Dick – Herman Melville
71 Oliver Twist – Charles Dickens- X
72 Dracula – Bram Stoker
73 The Secret Garden – Frances Hodgson Burnett – X
74 Notes From A Small Island – Bill Bryson – X
75 Ulysses – James Joyce
76 The Inferno – Dante
77 Swallows and Amazons – Arthur Ransome
78 Germinal – Emile Zola
79 Vanity Fair – William Makepeace Thackeray-
80 Possession – AS Byatt
81 A Christmas Carol – Charles Dickens –
82 Cloud Atlas – David Mitchell –
83 The Color Purple – Alice Walker – X
84 The Remains of the Day – Kazuo Ishiguro
85 Madame Bovary – Gustave Flaubert –
86 A Fine Balance – Rohinton Mistry –
87 Charlotte’s Web – EB White- X
88 The Five People You Meet In Heaven – Mitch Albom
89 Adventures of Sherlock Holmes – Sir Arthur Conan Doyle – read some short stories
90 The Faraway Tree Collection – Enid Blyton ini yang mana ya?
91 Heart of Darkness – Joseph Conrad –
92 The Little Prince – Antoine De Saint-Exupery -X
93 The Wasp Factory – Iain Banks –
94 Watership Down – Richard Adams
95 A Confederacy of Dunces – John Kennedy Toole
96 A Town Like Alice – Nevil Shute
97 The Three Musketeers – Alexandre Dumas
98 Hamlet – William Shakespeare
99 Charlie and the Chocolate Factory – Roald Dahl – X
100 Les Miserables – Victor Hugo – haven’t actually read it, but have acted in the musical 😉

26 books. Not bad. Maybe should finish those I started eh?