mencari sekolah

Kakak sekarang sudah TK B. Tahun depan masuk SD. Dibilang ribet enggak. Dibilang enggak ya ribet juga. Dalam arti, SD, 6 tahun dimana anak akan menerima pendidikan dasar yang menentukan sikapnya terhadap pendidikan di masa depan. Sampai salah masuk, anak bisa trauma sekolah. Memang tentu saja selalu bisa pindah sekolah, tpi kan ya kalau nggak karena memang mau pindah serombongan rasanya kan males lah pindah2. Kalau bisa dari awal dapat yang cocok kenapa tidak?

Kata teman yang tahun lalu jadi ibu TK B, mencari SD seperti mencari jodoh. Melihat checklist mencari sekolah dari suatu lembaga di Australia mengkonfirmasikan hal tersebut. Pada dasarnya ada beberapa hal yang perlu diingat ketika mencari sekolah :

– kenali anak kita.
Kenali seperti apa kepribadiannya. Apakah yang tipe klasik, senang belajar sendiri, membaca buku dan mengerjakan soal2, ataukah yang suka bongkar2 sesuatu untuk diperhatikan cara kerjanya, senang kerja sendiri atau kelompok dll.

– cocokkan dengan filosofi kita
Hal-hal apa yang menurut kita belum ada, untuk melengkapi anak kita. Misalnya kita merasa lemah dalam mengajarkan agama tapi menganggap penting anak kita tau agama, ya mungkin sebaiknya masuk ke sekolah yang berbasis agama. Setiap keluarga tentu berbeda prinsipnya, jadi kenali juga apa hal yang penting buat kita. Yang buat saya penting belum tentu buat anda sama.

Setelah kira2 kita tau kedua hal tersebut mari kita survey sekolah. Sekarang yang diingat ketika melihat sekolahnya :

– kurikulum yang diajarkan
Mengacu pada kurikulum nasional yang dikeluarkan diknas atau menggunakan kurikulum lain? Bisakah anak kita meneruskan sekolah disini setelah lulus? Kalau penting lho ya, kalau lulus sd mau dikirim ke luar negeri ya lain perkara lah.

– prinsip dan filosofi sekolah
apakah hanya memikirkan sisi akademis, keseluruhan, menjadikan anak individu atau seragam? Cara mengajarnya klasik atau siswa aktif? Kalau murid ada kesulitan atau masalah, bagaimana cara menanganinya? Ada buku penghubung atau tidak? karya murid dipajang di dinding sekolah atau tidak?

– fisik sekolah
bangunannya terawat atau tidak? Bersih dan resik? ada ruang untuk anak bergerak dan lari2? Toiletnya wangi apa tidak? ada tempat ibadah atau tidak?

– harganya πŸ˜‰
biasanya sih kita suka langsung tanya harga. mampu nggak sekolah disitu? Harganya sebanding nggak dengan kualitasnya?

Kalau setelah melalui tahapan awal ini sekolahnya lolos seleksi, baru kita liat lagi bareng anak kita. Kalau bisa ketemuan sama kepala sekolahnya jadi jelas visi dan misi serta cara belajar-mengajar di sekolah itu bagaimana. Trus liat deh anak kita nyamannya dimana, ikut tes nya, berdoa supaya anak kita diterima di sekolah yang paling cocok buat dia.

Phew. Dan nanti pas anak kelas 6 SD mulai lagi kita ribet cari SMP…. hehehe….. dulu emak kita ribet kayak gini gak ya tentang kita?

Sukses ya semua ibu2 TK B πŸ˜€

with thanks to Wiwiet, Ika and bu Dessy – may we find the best school for our kids.

Advertisements

8 thoughts on “mencari sekolah

  1. setahun yang lalu saya pikir sd di dekat rumah cukuplah.. sekolah gratis.tapi dalam perjalanannya ternyata anak saya kurang berkembang di situ.. mutu akademisnya oke.. pernah jadi sekolah unggulan..tapi mungkin karena gratis.. mutu dalam pembinaan mental/jiwa, akhlak dan spiritualnya jadi terbengkalai.sayang banget.. dan itu didukung pula oleh sumber daya yang kurang memadai/mengerti psikologi anak secara keseluruhan.akhirnya.. tahun ajaran ini pindah ke swasta deh. insyaAlloh kali ini lebih jitu..lebih sesuai dengan prinsip dan yang penting lebih sesuai dengan kebutuhan anaknya itu sendiri.ga papa bayar jauh berlipat-lipat lebih mahal.. tapi si anak bisa dididik secara baik dan penuh tanggung jawab dari para pendidiknya.. insyaAlloh demikian :)kalo bisa, cari sekolah jangan coba-coba seperti saya deh.. hehe..good luck mbak sita..

  2. mbaktyas said: ebih sesuai dengan prinsip dan yang penting lebih sesuai dengan kebutuhan anaknya itu sendiri.

    itulah mba makanya bulan ini kita ngiderin sd2 yang ada biar puas. Udah ada calonnya sih, mudah2an cocok. Semoga anaknya mba lebih berkembang di sekolah barunya ya πŸ™‚

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s