Pilpres Damai?

Membaca berita pemilu Iran seperti melihat pemilu negara kita sendiri. Masalah kecurangan selalu menjadi momok pemilu dimanapun. Namun lebih penting dari itu adalah bagaimana pihak yang kalah dan menang menyikapinya. Apabila menyikapinya dengan seruan bakar! Kemudian yang menang membalasnya dengan bakar! ya hangus dong. Malah jadi makin sumir apa yang sebetulnya terjadi. Benarkah ada kecurangan? Validkah ketidak-puasan rakyat? Yang mana yang benar sebenarnya? Ada yang berlaku curang? Ada yang digoyang2 negara lain? Ada yang memang kesejahteraan dan kebebasannya diabaikan? Entahlah.

Sejujurnya saya jadi agak takut mengingat kita pun akan menjalani pemilu. Seruan2 pemilu satu putaran menurut saya kurang etis mengingat kita punya 3 calon presiden. Kalau memang hanya 2 jelas kita hanya akan punya 1 putaran. Lha kalau 3 sementara kualitasnya pada sama aja gitu? Nggak ada yang benar2 kinclong, meski sekarang sih sudah mulai terlihat jelas siapa yang lebih bersinar dengan segala kekurangannya.

Sekarang saya sudah punya ide siapa yang akan saya pilih karena masih nggak tega untuk golput. Belum saatnya kita (saya) untuk mengabaikan hak pilih begitu saja.

So, please please jangan direkayasa sehingga hanya ada 1 putaran kalau memang kenyataan tidak demikian. Nggak usah ngambek kalau ternyata harus 2 putaran.Nggak usah ngambek kalau jagoannya kalah. Nggak usah mengada-ada lewat aneka survey. Tolonglah “Demi Rakyat” itu betul ada dalam hati dan bukan hanya retorika belaka. Masih ada kehidupan setelah kehidupan.

Sungguh saya harap pilpres berlangsung JUJUR dan DAMAI, demi kesejahteraan kita semua.

Advertisements

6 thoughts on “Pilpres Damai?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s