Hari Ibu?

Tanpa mengecilkan peran ibu, apalagi setelah merasakan sendiri asyiknya ngeden dan melahirkan saya jadi suka sedih deh kalau hari ibu di Indonesia ini. Soalnya seperti biasa jadi hari salah kaprah. Hari yang sebetulnya dijadikan hari nasional untuk memperingati gerakan perempuan di Indonesia ie. untuk memperingati pendidikan perempuan, kesetaraan jender, akses kesehatan, dll yang penting untuk perempuan Indonesia, sekarang jadi direduksi menjadi hari bunda atau mother’s day.

Apa salah? Tentu kita boleh saja memperingati ibu kita namun dengan mengubah fokus ke ibu kita masing2 kita jadi tidak memikirkan nasib perempuan2 di negara ini. Kita sibuk memuliakan ibu kita sendiri – yang seharusnya jadi kewajiban kita setiap hari – tapi tidak ada atau hampir tidak ada yang memikirkan atau mendedikasikan puisi, cerita, dll untuk nasib saudari-saudari kita di tanah air ini.

Apakah ada yang memikirkan nasib perempuan yang terpaksa putus sekolah, dijual paksa oleh keluarganya, yang bayinya lahir dengan kekurangan ini itu yang semestinya bisa terdeteksi pada saat kehamilan kalau saja ibunya bisa dapat akses kesehatan secara reguler? Apakah kita sudah peduli masih ada asuransi kesehatan yang tidak menanggung biaya persalinan dan KB? Ada yang tau kalau kita sial dapat suami yang ternyata suka gebukin kita sampai babak belur ketika kita minta keadilan dapatnya ternyata masih perlu perjuangan? Atau kalau ada perubahan hukum yang menyangkut tatanan sosial perempuan biasanya pihak paling apes? Jam malam buat perempuan? Ada yang masih ingat? Perempuan tidak boleh keliaran setelah jam tertentu atau anda akan langsung disangka pelacur dan dibawa ke polisi! Perempuan harus bertutup-tutup dan tidak boleh merokok atau… yak… lagi-lagi dianggap perempuan bejat dan tidak bermoral.

Well helloo…. itu koruptor kebanyakan laki-laki atau perempuan yaaa???

Itu yang demen banget bawa kabur duit negara sampai operasi plastiklah, sok sakit di luar negeri lah, ngumpet di negara yang gak ada perjanjian ekstradisi sehingga gak bisa ditangkap buat dirajam, eh salah, buat diadili disini, rata-rata perempuan atau laki-laki ya?

Anggota dewan yang konon kerjanya untuk kesejahteraan rakyat sehingga harus merapatkan budget ini itu, meloloskan undang-undang ini itu, mayoritas laki-laki atau perempuan?

Apa memang kebiasaan kita ya? Hari Kartini juga masih suka melenceng jauh tuh dari intinya, dirayakan dengan lomba berbusana daerah dan masak! Apa hubungannya sama perjuangan ibu Kartini yang menginginkan pendidikan untuk kaumnnya? Tentunya lomba pidato, menggambar, atau puisi jauh lebih tepat dari lomba berkebaya. Lomba berbusana daerah seyogianya untuk merayakan 17 Agustus atau Sumpah Pemuda – satu nusa satu bangsa Indonesia, anyone?

Sekarang hari untuk perempuan Indonesia menjadi hari untuk bunda-bunda Indonesia…

Jangan salah, saya juga cinta sama ibu saya dan tidak mungkin saya bisa membalas semua jasa-jasa beliau, pekerjaan terberat di dunia ini ya menjadi Ibu, tapi saya harap saya akan selalu mengingat dan mendoakan ibu saya setiap hari.

Semoga dibalik segala puja-puji kita untuk bunda tercinta terdapat selintas doa untuk saudari-saudari yang belum seberuntung kita.

5 thoughts on “Hari Ibu?

  1. tulisan bagus:)iya, gue bukan ga setuju sama mereka yang menganggap tanggal 22 des sebagai “mother’s day”, tapi secara pribadi gue menganggap hal itu salah kaprah, yang malah mereduksi makna sejarah dari tanggal 22 des 1928:)

  2. Ika -> thanks 😀 lha ya kan waktu sd dulu sebetulnya diajarin kok soal konperensi perempuan ini. emang sih apa yang mereka bicarakan seingatku nggak dibahas secara detail. Cuma ibuku yang selalu rajin mengingatkan kalau ini tu hari perempuan bukan hari ibu 😀 Wiwiet-> Kalau dari kacamata orba mother’s day. Kalau dari spirit awalnya seharusnya Women’s day.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s