“But your English is so good!”

Gara-gara di beberapa milis lagi pada ngobrolin soal pandangan orang luar terhadap Indonesia jadi inget ntu kalimat yang menyebalkan. Dulu banget waktu masih jadi pelajar sih seneng ya kalau abis ngobrol ama orang asing dia trus bilang gitu. Maklum belajarnya aja jatuh bangun, setahun cuma bisa duduk diem di kelas berharap bisa mengerti gurunya ngomong apa. Paling sial kalo dapat guru yang aksennya tebel alias sulit dimengerti. Untung punya temen2 baek yang bisa dipinjam catatannya dan ditanya-tanya.

Tapi setelah menjadi mantan pelajar mulai deh kalimat itu berubah dari kalimat pujian menjadi kalimat menyebalkan. Masalahnya adalah…. yap, biasanya ketemu, ngobrol kiri-kanan, trus tanya asalnya darimana, kasih tau dari Indonesia, dan… biasanya matanya langsung jadi takjub gitu ngomongnya. Seolah-olah kita tu negeri apaan gitu. Apaan emangnya? Ya iya sih emang negeri amburadul tapi ya nggak terbelakang amat gituh. Belum lagi pemerintah kita masih suka dagang manusia kan – itu lho pengiriman prt ke LN – dan tau sendirilah kualitas prt kita seperti apa jadi makin2 lah mereka pikir kita kualitasnya cuma sekelas itu thok. Pernah nih waktu di Jeddah, bapakku ngobrol ama penjaga toko, trus biasa dia tanya kita asalnya darimana. Sama bapakku disuruh tebak. Duh…. dia nebak kali seluruh negara asia tenggara except Indonesia! Dia nggak percaya sama sekali bahwa orang Indonesia bisa menjadi pekerja profesional yang punya anak yang sekolah di Continental School. Ih, masa sih musti kasih liat paspor item kita biar percaya? Huhuhu… sedihnya….

Sialnya, cap itu nggak cuma di negara nun jauh saja, sama negara tetangga pun mereka suka kejang2 reseh gitu. Inget banget sekali-sekalinya jalan2 ke Singapur trus ketangkep sama marketer di Orchard Rd, setelah dia tanya kiri-kanan keluar deh kalimat sakti itu. Mana waktu itu lagi hamil, cape, laper, bt abis, Trus terakhir pas stopover di KL, lagi maenan kalkulator ama penjaganya, basa-basilah dia tanya darimana… eh, ngomong gitu lagi. Kalo nggak karena harganya beneran murah nggak jadi beli deh.

Duh Indonesiaku sayang… mbok ya pendidikan kita tu loooo….
Plis deh, segala pahlawan aja kudu milik golongan tertentu. Baru tau ada pahlawan nasional yang hanya memperjuangkan golongannya sendiri bukan bangsanya secara keseluruhan.

Sementara belum semua anak Indonesia mampu duduk manis untuk belajar sejarah, mempelajari pahlawan-pahlawan dan hal-hal lainnya di tempat yang baik dan layak.

Advertisements

12 thoughts on ““But your English is so good!”

  1. mbak……temen cetingku di amerika sono pernah tanya, “indonesia itu sebelah mananya bali?” aaarrrgggghhhh…..yang ngaco lagi ada, temenku dari itali,”diana, indonesia deket sama singapura kan?” *tepok2 jidat* halooo….guru kalian gak ngajari geografi dengan baik ya? soale ya itu tadi, pada bilang kalo bahasa inggrisku oke…idih, apa hubunganya coba???

  2. Bahasa inggrisku jelek mbak, baru berani posting di milis hari ini itu pun malah gag tau mau ngomong apa lagi selain njawab pertanyaan mbak sita.. hehehehehehehe *nyengir*Kalo baca sih ngerti tapi klo nulis apa yang ada di otak itu masih belepotan.. hihihihi berguna juga ada tuesday is english day di milis….

  3. juicemelon said: hihihihi berguna juga ada tuesday is english day di milis….

    Hehehe… alhamdulillah. Berarti minggu depan kudu cerita2 dong yaks, jangan cuma menjawab pertanyaan ajah πŸ˜‰

  4. bener mbak… padahal kalo dibandingkan isi otak kita ama orang luar, kita sepertinya lumayan encer, malah gak jarang banyakan yg lebih tokcer ya mbak…tapi sepertinya yg harus dibenahi itu mental kita kali ya??? dan pastinya mental orang2 yg duduk di pemerintahan ( HALAAAH kok jadi seriuss gini yak??)

  5. Wah pernah nena punya pengalaman ma Dr di Adelaide mba, yang karena nena dari Indo ngotot kalo Ayumi sakit krn germ dari Indo, padahal kita udah 3 bulan di Adelaide, yah ngotot lah nena, sampe test lab segala, nungguin ayumi puppy demi belain bangsa Indonesia de……. akhirnya bener dong nena, apa tuh Dr bilang coba, Mother is the best Dr for their kids… ga minta maaf ga apa…. wah nyebelin banget!!! Yang paling nyebelin lagi ada orang Indo yang justru anggap orang Indo sendiri rendah, cuma karena nena ga pernah sekolah di LN, dia bilang gini mba “Ya udah lah ga usah mimpi kerja skill, tokh kerja asal aja, buruh disini juga gajinya bagus kok, ha3x maaf yah….. walaupun cuma lulusan UI doang, tapi aku bisa kok duduk sejajar ma engineer Aussie….

  6. ernasukardi said: ha3x maaf yah….. walaupun cuma lulusan UI doang, tapi aku bisa kok duduk sejajar ma engineer Aussie….

    Lah… paling dia iri kamu lulusan UI πŸ˜€ Tenang aja Na, risiko orang beken ya begitulah, banyak yang iri πŸ˜‰

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s