Cewek Ngerokok. So what?

Kenapa kita suka ribut kalau melihat perempuan merokok tapi diem-diem aja melihat laki-laki merokok? Plis deh, standar ganda gituh.

Merokok memang bukan kegiatan positif, udah buang-buang uang, kesehatan jadi nggak jelas, baunya nggak enak, bikin orang lain sakit pula. Dan bagi saya orang yang memutuskan untuk merokok itu berarti membuat keputusan yang tidak pintar. Siapapun itu.

Saya tidak membeda-bedakan siapa yang merokok; oh dia cowok, wajarlah, oh dia cewek, pasti perek. Perbuatan buruk bagi yang satu menjadi keren untuk yang lain?

Di salah satu pekerjaan saya dulu, pernah ada yang bertanya begini,
“Suami lo ngerokok nggak?”
“Tidak dong,”
“Hmm… bukan cowok kalo nggak ngerokok!”
“Ah, gw nggak bakalan kawin ama perokok!”
Sebetulnya yang ingin saya katakan adalah, “Iya, bukan cowok bego. Suami gw kan pinter, masa merokok?” Tapi yah… daripada berantem

Karena itu saya suka bingung kalau melihat komentar miring banget sampai hampir jatuh kalau melihat perempuan merokok. Sampai merasa perlu memasang fotonya. Apalagi kalau perempuannya berjilbab. Lha? Apa spesialnya? Kalau misalnya trus ada Ustad atau Kiai merokok, apa trus akan dipasang juga fotonya lengkap dengan komentar miring? Lihat… Ustad X merokok! Sungguh tercela perbuatan Ustad ini. yes? no? don’t know? don’t care?

Buat saya, keputusan untuk merokok adalah keputusan yang bodoh. Ketimbang beli rokok, uang itu bisa dipakai untuk membiayai anak asuh misalnya. Memang saya tahu kadangkala ada situasi dimana orang menjadi merokok, misalnya dulu kalau rapat sampai malam Ayah saya sekali dua juga merokok. Atau kalau sedang di lapangan Abang saya merokok supaya bisa bonding sama pekerja-pekerjanya. Ya saya bisa mengertilah, toh ketika keluar kantor dan lapangan mereka berdua mematikan puntungnya. Tapi saya tidak kemudian berpikir lebih miring untuk yang satu dan lebih positif untuk yang lain. Saya tidak perduli apa yang merokok pakai rok mini, pakai celana ngatung, pakai jilbab, pakai dasi, pakai baju haji, pakai lipstik atau pakai jenggot, pendapat saya tetap sama. Tetap bukan keputusan yang cerdas. Kalau mereka tetap mau merokok? Ya terserah. Udah gede kan, udah kerja, duitnya duit sendiri, dah tau baik buruknya? Asal jangan dekat-dekat saya dan anak-anak saya saja.

27 thoughts on “Cewek Ngerokok. So what?

  1. Setuju Mba, walau saya juga ngerti ngerokok hak pribadi orang. Tapi menghirup udara yang bersih juga hak setiap orang. Paling sebel, kalo lagi meeting para perokok itu kepal kepul terus tanpa mikirin orang lain. Mari kita hidup sehat..:)

  2. hihihi….kayaknya karena abis baca yang ntuh :Dhihihihi*paling nggak kuat sama rokok, tapi sempat dikelilingi perokokyah, kagak jauh2, abangku ngerokok, rasanya pengen jitak aje tuh orang :D, kalo merokok jangan depan aku napah

  3. Apa sih yang ngebedain cewek sama cowok? cuma penis dan vagina :D.. Yang lainnya mestinya sama aja… Cuma yaaa gitu deh… di budaya patriarki sekarang ini tuntutan untuk cewek (untuk lebih berkelakuan ‘baik’) besar banget…

  4. sikrit said: masih jender ya mbak org org kita

    Masihlah…. makanya gemes banget. Merokok jelas2 nggak berguna, kenapa yang dicela cuma perempuan? Kalau cowok yang merokok mereka tambah sehat gitu?Eh mba, artikelnya tentang apa sih? ada warning jangan liat foto jadi nggak berani buka πŸ˜€

  5. ikaardina said: Apa sih yang ngebedain cewek sama cowok? cuma penis dan vagina πŸ˜€

    wekeke… kalo pasang foto cowok berpeci, sarungan, pelihara jenggot, sambil ngepul, reaksinya bakalan seheboh liat perempuan berjilbab ngerokok juga nggak ya?

  6. aaarrrgggghhhhh……bapak mertua ngerokok, semua ipar cowok ngerokok,bahkan suami juga mantan perokok berat (sehari 3 bungkus!!!!!)…..dan aku juga pernah ngerasain rokok..hihihihi,jaman masih jahiliyah..gak enak! Sekarang kena dampaknya,nafas jadi ngos2an..beuh..gak lagi2 deeehhhh sok keren tapi badan ancurrrr….

  7. chadeezach said: Sekarang kena dampaknya,nafas jadi ngos2an..beuh..gak lagi2 deeehhhh sok keren tapi badan ancurrrr…

    dah, skarang hidup sehat yaaa…. ambil olahraga pernapasan biar napas makin panjang πŸ˜€

  8. Benar, merokok perbuatan yang bodoh. Sudah tahu merusak/mengganggu kesehatan, masih juga dilakukan. Merokok juga merupakan perbuatan yang dzalim yang berlipat-lipat. Karena di samping mengganggu kesehatan orang lain, (pada umumnya) perokok juga tahu bahwa perbuatan itu mengganggu kesehatan orang lain.

  9. arnab20 said: Benar, merokok perbuatan yang bodoh. Sudah tahu merusak/mengganggu kesehatan, masih juga dilakukan. Merokok juga merupakan perbuatan yang dzalim yang berlipat-lipat. Karena di samping mengganggu kesehatan orang lain, (pada umumnya) perokok juga tahu bahwa perbuatan itu mengganggu kesehatan orang lain.

    iya… lalu kenapa masih pada ngerokoook..!bodoh emank…

  10. arnab20 said: (pada umumnya) perokok juga tahu bahwa perbuatan itu mengganggu kesehatan orang lain.

    Yang suka bikin aku heran bukan kepalang. Kok ngotot ya mempertahankan merokoknya itu padahal dah tau efek sampingnya yang buruk itu buanyaaak banget… Mungkin itu yang namanya sudah kecanduan ya, jadi dipertahankan dan diutamakan.

  11. Ibuku merokok sampe aku kelas II SMP, karena mengenal beliau up close and personal, jadi ngerti kalau kita ga bisa menggeneralisasikan cewek merokok itu pasti cewek liar atau sejenisnya….secara ibuku ga begitu seeeh…hehehe.

  12. Menyebalkan deh kalo ada yang menganggap cewek perokok itu adalah cewek liar, sementara cowok perokok gak dianggap cowok liar. Meskipun bukan perokok, aku benci banget dengernya.Satu lagi, pernah ada cowok yang aku ingetin untuk nyoba brenti ngerokok karena kuatir sama kesehatannya dia. Ehhh, jawabannya bikin merinding “Mending gw gak sama lo dari pada gak ngerokok”. Walahh… Jadi males deh kuatir sama kesehatannya dia lagi.

  13. nunikutami said: Satu lagi, pernah ada cowok yang aku ingetin untuk nyoba brenti ngerokok karena kuatir sama kesehatannya dia. Ehhh, jawabannya bikin merinding “Mending gw gak sama lo dari pada gak ngerokok”. Walahh… Jadi males deh kuatir sama kesehatannya dia lagi.

    Alhamdulillah, berarti dia bukan cowok yang baik dan nggak pantas untuk dapat perhatian dari mba πŸ˜‰

  14. mbak, emang kalo ngehirup asap rokok (perokok pasif) bisa kena akibatnya juga ya ?? kalo ngehirup asap knalpot kendaraan apa akibatnya hampir sm kyk org yg ngerokok ? Abis aku sering banget ngehirup udara ga bersih….bales ya…NB : Maap kalo kebanyakan pertanyaannya..

  15. Perokok pasif efeknya bisa lebih buruk dari perokoknya sendiri karena dia menghirup tanpa bisa mengeluarkan. Kalau mengirup asap knalpot pastinya nggak baik buat kita tapi saya tidak tau apa lebih ringan, sama atau lebih buruk efeknya dari menghirup asap rokok.

  16. agatogata said: Saya doakan agar cita2nya terkabul. Mendingan uangnya ditabung ya mba, buat pendidikan anak πŸ˜€

    hehehehehehe iya mbak sita…panggil aku rifqi aja mbak,…. kmrn ga bs ikut conferrence…sm klub pembacaanadia 😦

Leave a Reply

