3 Cara Mudah Menyikapi Berita/Postingan di Internet

Sekarang ini, banyak sekali informasi simpang siur di milis dan internet. Ada yang memang valid tapi ada banyak juga yang nggak jelas. Seperti minggu lalu, banyak yang dihebohkan oleh berita tayangan sesat yang ternyata hanyalah tayangan drama biasa. Bagaimana kita membedakan antara info yang benar dari ngawur?

  1. Bacalah isi emel/postingan dari awal sampai akhir!

Jangan hanya membaca paragraph awal lalu langsung pencet icon forward. Ini karena ada banyak emel berantai yang tentunya tidak perlu kita sebar2kan. Apa kita percaya nasib kita ditentukan oleh banyaknya emel yang kita kirim? Kalau tidak kita sebarkan ke 5 orang maka kita akan sial? Kalaupun misalnya isi dari emel berantai itu memang bermanfaat, hapuslah embel2 “sebarkan ke x teman”. Tapi mayoritas hal2 berantai ini isinya biasanya sih nggak beres jadi delete saja.

  1. Jangan gampang terhasut!

Pikirkan dulu konteks keadaan saat menerima postingan tersebut. Misalnya kita mendapat kabar akan ada tayangan sesat lagi, coba stop dulu trus pikirkan, saat ini bulan apa dan apakah ada hari besar yang akan dirayakan. Kalau iya, maka amat sangat lazim bahwa akan ada tayangan bernuansa agama tertentu. Lha ya mau merayakan hari besar masa iya nggak boleh?

  1. Cek kebenaran informasi tersebut!

Kalau kita bisa mendapat emel dan bergabung dalam milis, maka kemungkinan besar kita juga bisa mengakses google, yahoo atau search2 engine semacamnya. Misalnya kita mendapat berita tentang vaksin yang mematikan, cek dulu! Cek ke situs2 kesehatan yang terpecaya, biasanya pasti ada liputan atau artikel mengenai topik2 kesehatan populer semisal vaksinasi. Tanya langsung ke dokter yang kita percaya, apa pendapat beliau mengenai hal ini. Cek dulu sebelum meforward dan membuat panik orang banyak. Kalau misalnya kita tidak tau kemana harus konfirmasi, tidak masalah kita posting ke milis asalkan kita beri catatan: Berita ini benar atau hoax sih? Ada yang tau? Dengan begitu penerima postingan kita sadar bahwa yang dia baca ini belum terbukti kebenarannya dan menghindari panik2 masal.

Sekedar tambahan informasi, sepanjang pengetahuan saya, televisi Indonesia tidak akan secara sengaja menyiarkan tayangan yang isinya mengajarkan kesesatan, misalnya “Cara Sukses Menyantet Musuh!” Bahwa kemudian ada acara yang menayangkan reka kejadian kriminal secara gamblang, atau sinetron berbau mistis serta vulgar itu hal lain lagi dan bisa diperdebatkan di lain kesempatan.

Selamat bermilis J

© sita sidharta

One thought on “3 Cara Mudah Menyikapi Berita/Postingan di Internet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s