Tentang Cadar dan Keamanan

Beberapa waktu lalu tersiar kabar bahwa di Belanda, mereka akan melarang pemakaian jilbab di tempat umum. Tentu saya termasuk yang kaget. Masa iya sih Belanda yang rada cuek dan toleran itu akan menentang jilbab? Rasanya kurang masuk akal.

Kemudian ada berita susulan, kalau tidak salah dari Kedutaan Belanda bahwa yang akan dipertimbangkan dilarang adalah pemakaian cadar yang menutup muka, bukan jilbab yang hanya menutup rambut. Nah, kalau ini baru lebih masuk akal. Kalau cadarnya sampai menutupi muka, ini nggak ada bedanya dengan larangan memakai helm ketika di ATM. Lagipula setau saya tidak ada suruhan untuk menutup muka, jadi – paling tidak bagi saya – tidak ada dasar keagamaannya.

Saya jadi teringat ketika di Saudi Arabia, dimana pemakaian cadar muka merupakan kebiasaan adat, saya suka bete kalau mau masuk masjid atau airport. Karena sudah ada petugas wanita yang menanti untuk memeriksa apakah yang masuk ini betul-betul perempuan atau laki-laki yang menyamar. Karena kami tidak mengenakan cadar maka biasanya petugasnya hanya pro forma saja. Tapi kadang-kadang tetap teraba, meski petugasnya minta maaf tetap rasanya nggak enak.

Memang kadang-kadang sulit melepaskan kebiasaan adat, sedang tawaf pun masih ada saja yang tetap memakai cadar meski sudah ditegur keras oleh asykar, bahkan kalau sampai terlihat asykar yang menjaga batu hitam kadang-kadang mereka dipukul, meski tidak keras, oleh tongkat mereka. Pemerintah Saudi tidak mungkin melarang para perempuannya memakai cadar, namun keamanan tetap harus terjaga, sehingga pemeriksaan itulah salah satu solusinya. Tapi terus terang saja kalau saya sih nggak suka diperiksa seperti itu, sehingga bisa dimengerti kalau kemudian Pemerintah Belanda mengusulkan pelarangan pemakaian cadar di tempat umum dan riskan lainnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s